YAYASAN MIRAJ MULIA MEMPERINGATI ISRA MIRAJ 1445H

foto bersama panitia dan tokoh masyarakat diwilayah harapan jaya

Peristiwa Isra dan Miraj merupakan mukjizat Nabi Muhammad SAW berupa perjalanan ke langit ketujuh yang terjadi dalam satu malam. Perjalanan ini ditandai sebagai tonggak penting dalam kalender Islam. Peristiwa Mi’raj ini yang nantinya memunculkan adanya perintah sholat wajib 5 waktu bagi umat Islam.

سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ – ١

Artinya: “Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.

simbolis santunan oleh Babinsa Harapan Jaya bapak Sertu Sunardi

Isra dan Mi’raj secara sederhana dibagi ke dalam dua peristiwa, yakni Isra dan Mi’raj. Isra dimaknai dengan perjalanan malam hari yang dilaksanakan oleh Rasulullah SAW dari Ka’bah (Makkah) menuju Baitul Maqdis (Yerusalam/Madinah). Sementara, Mi’raj dimaknai dengan kenaikan, di mana Allah SWT mengangkat Nabi Muhammad SAW dari Baitul Maqdis melewati langit ke-7 menuju Sidratul Muntaha.

santunan simbolis oleh Lurah Harapan Jaya Bapak R. Ika Sudarmika, Se

Memperingati Isra Mi’raj yang diperingati setiap tanggal 27 Rajab Hijriah atau jatuh pada 8 Ferbuari 2024, Dr. H.Zainal M. Kasim,SH (UST. ABI ZAIN KASIM) membahas tentang essensi dari peristiwa isra miraj tersebut. beliau mengatakan bahwa

Kajian oleh Ust. Abi Zain

Tujuan utama Isra Miraj adalah untuk menjemput perintah shalat fardhu. Selain itu, Isra Miraj juga dimaksudkan oleh Allah SWT agar Nabi Muhammad SAW bisa melihat tanda-tanda kebesaran-Nya di alam raya ini.

Tujuan yang tidak kalah pentingnya, Allah SWT ingin menghibur Nabi Muhammad yang saat itu sedang berduka. Beliau ditinggal dua sosok yang paling dicintainya yakni Khadijah dan Abu Thalib.

Khadijah adalah istri tercinta yang setia menemani beliau menghadapi masa-masa sulit selama 25 tahun. Sedangkan Abu Thalib adalah paman yang selalu melindungi dan membelanya sejak usia 8 tahun.

Adapun hikmah dari peristiwa Isra Miraj, yakni:

Wajib melaksanakan shalat lima waktu
Menumbuhkan dan meningkatkan keimanan kita terhadap kekuasaan Allah SWT yang Maha berkehendak.
Membuat kita semakin mengamati bahwa Nabi Muhammad adalah utusan yang membawa perintah Allah SWT.
Meyakini bahwa setiap kesulitan pasti akan nada kemudahan dari Allah SWT, dimana setiap cobaan tersebut juga dapat meningkatkan keimanan kita atas kuasa Allah SWT.
Kita juga dapat mengetahui apabila kita melanggar perintah Allah maka Allah akan menghukum kita sesuai dengan apa yang kita lakukan.
Kita juga dapat mengetahui tentang tanda-tanda kebesaran Allah SWT

Beliau juga memaknai peristiwa isra miraj dengan berbagi kebahagian dengan anak anak yatim dan dhuafa sebagaimana salah satu alasan terjadinya peristiwa tersebut untuk menghibur Rasulullah dari kesedihannya, dengan bersedekah dapat memberikan kebahagiaan kepada mereka yang membutuhkan, karna sebaik baik manusia adalah mereka yang paling bermanfaat untuk orang lain.

Untuk itu Lembaga sosial yayasan miraj mulia mengadakan kegiatan santunan akbar memperingati peristiwa isra miraj dengan berbagi paket santunan dan sembako Terimakasih atas segala perhatian dan kepedulian kita semua semoga berkah selalu dilimpahkan untuk kita semua aamiin Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *